Nama: Putri Octavia
Kelas : 4ea17
NPM : 17213032
CSR
(corporate social responsibility)
1. PENDAHULUAN
Perusahaan
tidak hanya mempunyai kewajiban-kewajiban ekonomis dan legal (artinya kepada
pemegang saham atau shareholder) tapi juga kewajiban-kewajiban terhadap
pihak-pihak lain yang berkepentingan (stakeholders) yang jangkauannya melebihi
kewajiban-kewajiban. Pemikiran yang mendasari CSR (corporate social
responsibility) yang sering dianggap inti dari Etika Bisnis adalah bahwa
perusahaan tidak hanya mempunyai kewajiban-kewajiban ekonomis dan legal
(artinya kepada pemegang saham atau shareholder) tapi juga kewajiban-kewajiban
terhadap pihak-pihak lain yang berkepentingan (stakeholders) yang jangkauannya
melebihi kewajiban-kewajiban di atas.
Beberapa
hal yang termasuk dalam CSR ini antara lain adalah tatalaksana perusahaan
(corporate governance) yang sekarang sedang marak di Indonesia, kesadaran
perusahaan akan lingkungan, kondisi tempat kerja dan standar bagi karyawan,
hubungan perusahan-masyarakat, investasi sosial perusahaan (corporate
philantrophy).
Kepedulian
sosial perusahaan terutama didasari alasan bahwasanya kegiatan perusahaan
membawa dampak – for better or worse, bagi kondisi lingkungan dan
sosial-ekonomi masyarakat, khususnya di sekitar perusahaan beroperasi. Selain
itu, pemilik perusahaan sejatinya bukan hanya shareholders atau para pemegang
saham. Melainkan pula stakeholders, yakni pihak-pihak yang berkepentingan
terhadap eksistensi perusahaan.
2. TEORI
CSR (Corporate
Social Responsibility) adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh
perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap social maupun
lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu
kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga
lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana
untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas
masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya
masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.
Manfaat
CSR bagi perusahaan
a. Meningkatkan
Citra Perusahaan
Dengan melakukan kegiatan CSR, konsumen
dapat lebih mengenal perusahaan sebagai perusahaan yang selalu melakukan
kegiatan yang baik bagi masyarakat.
b. Memperkuat
“Brand” Perusahaan
Melalui kegiatan memberikan product
knowledge kepada konsumen dengan cara membagikan produk secara gratis, dapat
menimbulkan kesadaran konsumen akan keberadaan produk perusahaan sehingga dapat
meningkatkan posisi brand perusahaan.
c. Mengembangkan
Kerja Sama dengan Para Pemangku Kepentingan
Dalam melaksanakan kegiatan CSR,
perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan sendiri, jadi harus dibantu dengan
para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan
universitas lokal. Maka perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para
pemangku kepentingan tersebut.
d. Membedakan
Perusahaan dengan Pesaingnya
Jika CSR dilakukan sendiri oleh
perusahaan, perusahaan mempunyai kesempatan menonjolkan keunggulan
komparatifnya sehingga dapat membedakannya dengan pesaing yang menawarkan produk
atau jasa yang sama.
e. Menghasilkan
Inovasi dan Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengaruh Perusahaan
Memilih kegiatan CSR yang sesuai dengan
kegiatan utama perusahaan memerlukan kreativitas. Merencanakan CSR secara
konsisten dan berkala dapat memicu inovasi dalam perusahaan yang pada akhirnya
dapat meningkatkan peran dan posisi perusahaan dalam bisnis global.
3.
ANALISIS
Saya
akan memberi contoh kasus Perusahaan yang telah melakukan CSR yaitu PT AQUA
Golden Mississippi.
CSR PT AQUA:
Ø
Kegiatan
di sekitar Lingkungan Pabrik:
1.
Konservasi Lingkungan
Program
“Hutan Sekolah” yaitu pembibitan pohon keras dan pohon buah di lingkungan
sekolah dan penanaman pohon di daerah sumber air.
2. Air
Bersih Hidup Sehat
pembangunan instalasi pompa, penampungan air, MCK umum, dan tempat wudhu.
pelatihan dan penyuluhan perilaku hidup bersih
pembangunan instalasi pompa, penampungan air, MCK umum, dan tempat wudhu.
pelatihan dan penyuluhan perilaku hidup bersih
3. Pendidikan
Program Bantuan Sekolah (Supporting School Program) yaitu berupa pengembangan infrastruktur maupun kelengkapan lain yang terkait dengan aktivitas belajar-mengajar di sekolah-sekolah.
kampanye lingkungan hidup bagi murid-murid sekolah melalui RAMSAR Game
Program Bantuan Sekolah (Supporting School Program) yaitu berupa pengembangan infrastruktur maupun kelengkapan lain yang terkait dengan aktivitas belajar-mengajar di sekolah-sekolah.
kampanye lingkungan hidup bagi murid-murid sekolah melalui RAMSAR Game
4. Bantuan
Sosial
Khitanan masal, pembagian hewan kurban setiap tahun, pengobatan gratis, dan perbaikan saluran air untuk penanggulangan banjir
Khitanan masal, pembagian hewan kurban setiap tahun, pengobatan gratis, dan perbaikan saluran air untuk penanggulangan banjir
Ø Program
CSR di sebagian besar wilayah Indonesia
1. Program
Air Bersih di Nusa Tenggara Timur (NTT).
program
WASH yaitu program Satu Untuk Sepuluh
2. Program
Pembangunan Desa Sosio-eko-bisnis.
Meresmikan Laboratorium Pertanian Desa di Desa Karanglo, melakukan reboisasi taman nasional, penanaman bibit pohon, menyediakan akses air bersih, pemetaan penggunaan lahan dan air irigasi sampai dengan melakukan pelatihan manajemen pertanian.
Meresmikan Laboratorium Pertanian Desa di Desa Karanglo, melakukan reboisasi taman nasional, penanaman bibit pohon, menyediakan akses air bersih, pemetaan penggunaan lahan dan air irigasi sampai dengan melakukan pelatihan manajemen pertanian.
Analisis saya tentang
CSR PT AQUA Golden Mississippi,
adalah :
Menurut saya CSR yang di lakukan oleh PT Aqua sudah tepat. CSR yang dilakukan oleh PT Aqua di bidang
pendidikan dapat membantu para adik-adik untuk menempuh pendidikan dengan
kondisi yang layak dan nyaman dengan kelengkapan yang sudah disediakan. Juga adanya
Hutan Sekolah yang membantu anak-anak
serta warga bagaimana mana cara penanaman yang baik agar semakin banyak
tumbuhan hijau. Selnjutnya CSR program Air Bersih Hidup Sehat disini PT Aqua
menyadari bahwa produk yang mereka produksi adalah air mineral yang merupakan
sumber daya alam, sehingga program CSR yang mereka buat sebagian besar
berorientasi pada pelestarian alam. Dengan melestarikan alam, disamping mereka
membantu masyarakat dan Negara dengan menciptakan lingkungan alam yang baik,
tentunya program pelestarian alam tersebut dapat menjaga produksi air mineral
yang baik pula. Mengingat air menieral merupakan komoditi yang mereka
perjualkan. Tentunya Program CSR tersebut dilakukan diseluruh golongan terkait
baik itu di sekitar lingkungan pabrik dan sebagian besar wilayah indonesia.
Dari beberapa program CSR PT aqua tersebut dapat dikatakan bahwa Aqua cukup sukses dalam
menjalankan program CSR-nya. Terbukti dari beberapa penghargaan yang telah
diraih Aqua melalui program CSR yang telah dilaksanakan, yaitu:
- Aqua mendapat
penghargaan Gold pada KSN (Kesetiakawanan Sosial Nasional) Awards 2010
yang diselenggarakan oleh Kementrian Sosial dan CFCD (Corporate For
Community Development Program)
- Program penanaman
kembali hutan Gunung Klabat, Minahasa Utara dimana DANONE AQUA Sulawesi
Utara mendapatkan penghargaan Wana Lestari dari Departemen Kehutanan
Republik Indonesia
- DANONE AQUA
berhasil meraih penghargaan MDGs (Millenium Development Goals) dari
Perserikatan Bangsa-Bangsa
- Metro TV dalam
kategori pelestarian lingkungan (environmental sustainability) atas
program WASH (water access, sanitation and hygiene)
4. REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar