Kamis, 06 Oktober 2016

CSR (corporate social responsibility)

Nama: Putri Octavia
Kelas : 4ea17
NPM : 17213032

CSR (corporate social responsibility)

1.      PENDAHULUAN
Perusahaan tidak hanya mempunyai kewajiban-kewajiban ekonomis dan legal (artinya kepada pemegang saham atau shareholder) tapi juga kewajiban-kewajiban terhadap pihak-pihak lain yang berkepentingan (stakeholders) yang jangkauannya melebihi kewajiban-kewajiban. Pemikiran yang mendasari CSR (corporate social responsibility) yang sering dianggap inti dari Etika Bisnis adalah bahwa perusahaan tidak hanya mempunyai kewajiban-kewajiban ekonomis dan legal (artinya kepada pemegang saham atau shareholder) tapi juga kewajiban-kewajiban terhadap pihak-pihak lain yang berkepentingan (stakeholders) yang jangkauannya melebihi kewajiban-kewajiban di atas.
Beberapa hal yang termasuk dalam CSR ini antara lain adalah tatalaksana perusahaan (corporate governance) yang sekarang sedang marak di Indonesia, kesadaran perusahaan akan lingkungan, kondisi tempat kerja dan standar bagi karyawan, hubungan perusahan-masyarakat, investasi sosial perusahaan (corporate philantrophy).
Kepedulian sosial perusahaan terutama didasari alasan bahwasanya kegiatan perusahaan membawa dampak – for better or worse, bagi kondisi lingkungan dan sosial-ekonomi masyarakat, khususnya di sekitar perusahaan beroperasi. Selain itu, pemilik perusahaan sejatinya bukan hanya shareholders atau para pemegang saham. Melainkan pula stakeholders, yakni pihak-pihak yang berkepentingan terhadap eksistensi perusahaan.

2.      TEORI
CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap social maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. 

Manfaat CSR bagi perusahaan
a.       Meningkatkan Citra Perusahaan
    Dengan melakukan kegiatan CSR, konsumen dapat lebih mengenal perusahaan sebagai perusahaan yang selalu melakukan kegiatan yang baik bagi masyarakat.
b.      Memperkuat “Brand” Perusahaan
  Melalui kegiatan memberikan product knowledge kepada konsumen dengan cara membagikan produk secara gratis, dapat menimbulkan kesadaran konsumen akan keberadaan produk perusahaan sehingga dapat meningkatkan posisi brand perusahaan.
c.       Mengembangkan Kerja Sama dengan Para Pemangku Kepentingan
   Dalam melaksanakan kegiatan CSR, perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan sendiri, jadi harus dibantu dengan para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan universitas lokal. Maka perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan tersebut.
d.       Membedakan Perusahaan dengan Pesaingnya
  Jika CSR dilakukan sendiri oleh perusahaan, perusahaan mempunyai kesempatan menonjolkan keunggulan komparatifnya sehingga dapat membedakannya dengan pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang sama.
e.       Menghasilkan Inovasi dan Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengaruh Perusahaan
   Memilih kegiatan CSR yang sesuai dengan kegiatan utama perusahaan memerlukan kreativitas. Merencanakan CSR secara konsisten dan berkala dapat memicu inovasi dalam perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan peran dan posisi perusahaan dalam bisnis global.

3.      ANALISIS
Saya akan memberi contoh kasus Perusahaan yang telah melakukan CSR yaitu PT AQUA Golden Mississippi.
CSR PT AQUA:
Ø  Kegiatan di sekitar Lingkungan Pabrik:

1.      Konservasi Lingkungan
     Program “Hutan Sekolah” yaitu pembibitan pohon keras dan pohon buah di lingkungan sekolah dan penanaman pohon di daerah sumber air.
2.      Air Bersih Hidup Sehat
pembangunan instalasi pompa, penampungan air, MCK umum, dan tempat wudhu.
pelatihan dan penyuluhan perilaku hidup bersih 
3.      Pendidikan
Program Bantuan Sekolah (Supporting School Program) yaitu berupa pengembangan infrastruktur maupun kelengkapan lain yang terkait dengan aktivitas belajar-mengajar di sekolah-sekolah.
kampanye lingkungan hidup bagi murid-murid sekolah melalui RAMSAR Game
4.      Bantuan Sosial
Khitanan masal, pembagian hewan kurban setiap tahun, pengobatan gratis, dan perbaikan saluran air untuk penanggulangan banjir 

Ø  Program CSR di sebagian besar wilayah Indonesia
1.      Program Air Bersih di Nusa Tenggara Timur (NTT).
      program WASH yaitu program Satu Untuk Sepuluh
2.      Program Pembangunan Desa Sosio-eko-bisnis.
Meresmikan Laboratorium Pertanian Desa di Desa Karanglo, melakukan reboisasi taman nasional, penanaman bibit pohon, menyediakan akses air bersih, pemetaan penggunaan lahan dan air irigasi sampai dengan melakukan pelatihan manajemen pertanian.

Analisis saya tentang CSR PT AQUA Golden Mississippi, adalah :
      Menurut saya CSR yang di lakukan oleh  PT Aqua sudah tepat.  CSR yang dilakukan oleh PT Aqua di bidang pendidikan dapat membantu para adik-adik untuk menempuh pendidikan dengan kondisi yang layak dan nyaman dengan kelengkapan yang sudah disediakan. Juga adanya Hutan Sekolah yang membantu  anak-anak serta warga bagaimana mana cara penanaman yang baik agar semakin banyak tumbuhan hijau. Selnjutnya CSR program Air Bersih Hidup Sehat disini PT Aqua menyadari bahwa produk yang mereka produksi adalah air mineral yang merupakan sumber daya alam, sehingga program CSR yang mereka buat sebagian besar berorientasi pada pelestarian alam. Dengan melestarikan alam, disamping mereka membantu masyarakat dan Negara dengan menciptakan lingkungan alam yang baik, tentunya program pelestarian alam tersebut dapat menjaga produksi air mineral yang baik pula. Mengingat air menieral merupakan komoditi yang mereka perjualkan. Tentunya Program CSR tersebut dilakukan diseluruh golongan terkait baik itu di sekitar lingkungan pabrik dan sebagian besar wilayah indonesia.
    Dari beberapa program CSR PT aqua tersebut  dapat dikatakan bahwa Aqua cukup sukses dalam menjalankan program CSR-nya. Terbukti dari beberapa penghargaan yang telah diraih Aqua melalui program CSR yang telah dilaksanakan, yaitu:
  1.      Aqua mendapat penghargaan Gold pada KSN (Kesetiakawanan Sosial Nasional) Awards 2010 yang diselenggarakan oleh Kementrian Sosial dan CFCD (Corporate For Community Development Program)
  2.       Program penanaman kembali hutan Gunung Klabat, Minahasa Utara dimana DANONE AQUA Sulawesi Utara mendapatkan penghargaan Wana Lestari dari Departemen Kehutanan Republik Indonesia
  3.     DANONE AQUA berhasil meraih penghargaan MDGs (Millenium Development Goals) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa
  4.     Metro TV dalam kategori pelestarian lingkungan (environmental sustainability) atas program WASH (water access, sanitation and hygiene)

4.      REFERENSI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar