Rabu, 12 April 2017

STRATEGI DALAM MENGHADAPI TES TOEFL PADA LISTENING SECTION

STRATEGI DALAM MENGHADAPI TES TOEFL PADA LISTENING SECTION

Apa yang harus dilakukan sebelum Tes?
Dalam berbagai ujian listening ada banyak hal yang bisa anda persiapkan sebelum guru/ panitia penguji memutarkan rekaman.  Sebenarnya jika anda benar-benar mempunyai persiapan yang baik sebelum anda mendengar kata pertama pada bacaan, Anda akan mengerjakan lebih baik dalam tes.

      1.      Tetap Tenang
Apakah Anda merasa gugup ketika ujian Listening? Perhatikan ide cerita dari skenario listening dan tetap tenang! Semakin Anda tenang semakin baik Anda akan mengerti maksud dari skenario listening.
      2.      Jangan panik
Menarik napas panjang, Gunakan kemampuan Anda seperti biasanya
      3.      Berapa kali rekaman akan diputar?
                    Sangat penting sekali untuk mengetahui berapa kali Anda akan mendengar     rekaman listening. Apakah rekaman akan diulan lagi atau hanya diputar satu kali saja. Bertanya kepada panitia penguji akan sangat membantu. Kebanyakan tes listening akan diputar  lebih dari  satu kali. Jika demikian, pada pemutaran pertama Anda seharusnya menangkap ide skenario cerita secara umum dan pada pemutaran kedua menangkap hal yang lebih spesifik lagi. Jika pada tes diputar lebih dari satu kali, jangan khawatir jika Anda tidak mengetahui jawaban pada kali pertama. Tetap tenang dan dengarkan jawaban pada kali kedua.
Jika Anda tidak dapat menemukan jawaban dalam percakapan jangan panik. Terkadang informasi penting akan diulangi lagi kemudian. Jika tes listening hanya diperdengarkan sekali saja dan Anda tidak bisa menemukan jawaban, pikirkan mengenai konteks pembicaraan dan pilih/tulis jawaban yang mendekati konteks tersebut. Gunakan kemampuan Anda dan mencoba untuk menebak ada kemungkinan anda benar.
      4.      Membaca dengan cermat
Membaca juga sangat  penting dalam tes listening. Gunakan waktu lebih Anda sebelum mendengarkan rekaman untuk membaca pertanyaan. Selalu membaca pertanyaan dengan cermat. Garis bawahi informasi penting yang ada pada pertanyaan
Jika ada pilihan jawaban, becalah dengan teliti semua pilihan jawaban tersebut
Jika dalam pertanyaan atau pilihan jawaban terdapat angka, tanggal atau kata kunci, ucapkan dan ingat kata tersebut . Hal ini akan membantu Anda dalam mengenali kata tersebut ketika diucapkan dalam rekaman. Jika pilihan jawaban berupa gambar, perhatikan dengan cermat gambar tersebut dan deskripsikan dalam bahasa inggris. Hal ini akan membantu mempersiapkan diri dalam mendengar kata-kata yang mungkin Anda dengar dalam listening.
      5.      Memahami petunjuk dan perintah
Ada banyak tipe berbeda dari tes listening sehingga Anda harus benar-benar yakin bahwa Anda memahami instruksi tes sebelum tes dimulai.
Apa yang seharusnya Anda lakukan pada soal tersebut? Mencentang jawaban yang benar, meletakkan gambar pada urutan yang tepat ataukah melengkapi kalimat?
Jika Anda tidak mengerti, jika memungkinkan Anda bisa bertanya pada panitia penguji. Selama mendengarkan, Sudah seharusnya seluruh perhatian Anda yaitu pada ‘’ listening’’ tidak melakukan hal lain misal menulis.
      6.      Strategi yang lainnya :
1.      Ketika mendengar soal listening, sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) harus fokuskan pada baris atau orang kedua dari percakapan tersebut. Jawaban pada soal percakapan singkat itu biasanya pada baris atau orang kedua.
2.      Perhatikan, umumnya jawaban yang benar adalah ada pada pernyataan kata kunci atau ide pada orang kedua dalam percakapan itu.
3.      Ingat ! soal no 1 – 5 umumnya begitu mudah dan soal no 26 – 30 sangat sulit. Untuk itu sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) harus benar-benar konsentrasi mendengarkannya.
4.      Dengar dan baca hati-hati kemudian pilih jawaban yang tepat di setiap soal. Jangan biarkan ada soal yang tak terjawab. Jika sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) tidak yakin maka bisa beri tanda dulu dengan simbol (+) kalau sulit dan simbol (–) jika agak mudah atau ssimbol lainnya yang memudahkan sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) untuk menandakannya.
5.      Jika sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) tidak paham dengan apa yang dibicarakan maka pilih jawaban yang sangat berbeda dari apa yang telah sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dengar dari soal itu.
6.      Jangan sekali – kali sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) pilih jawaban yang mirip dengan apa yang sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dengar dari soal percakapan itu. Karena itu adalah jebakan untuk menjawab soal listening.
7.      Perhatikan kata synonim antara soal conversation dengan jawaban.
8.      Hati-hati terhadap kata yang memiliki bunyi yang mirip. Seperti contohnya department dengan apartment ataupun kata – kata lainnya. Ini memerlukan konsentrasi pendengaran yang extra.
9.      Perhatikan pula setiap ungkapan idiomatik dalam percakapan tersebut.
10.  Setelah selesai memilih jawabannya maka cepat-cepat alihkan mata sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) ke soal berikutnya.Hal yang perlu diperhatikan pada listening TOEFL ini ialah sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) diharapkan memiliki pendengaran yang baik terhadap speaking bahasa inggris. Yang mana ini hanya bisa didapatkan dengan sering praktek listening.
11.  Sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) juga disarankan bisa mengenali kata yang memiliki ucapan yang sama dan mirip, satu kata, dua kata/phrase dan juga idiom.
12.  Sewaktu ada kesempatan berbicaralah kepada native speaker untuk melatih secara langsung. Ini latihan telinga dan juga speaking.
13.  Tonton berita dan laporan cuaca bahasa inggris karena bahasanya lebih similar dengan TOEFL, bukan film berbahasa inggris tapi untuk awal silakan anda sering lihat film karena mungkin fun dengan action artisnya juga.
14.  Latih mendengar musik dengan menghayati soundnya bukan syair atau iramanya.
15.  Sering dengarkan contoh soal listening TOEFL.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar